Masakan Gorontalo

Sate Tuna Dabu Dabu Arang Khas Gorontalo

ANGKAT.ID – Siapa yang suka dengan makanan yang satu ini, yang begitu menggoda dan bikin ngiler bagi yang melihatnya, dan rasanya yang begitu enak sekali, cocok apabila disantap bersama kerluarga, pasangan atau pacar hehee.

Daerah Sulawesi khususnya Gorontalo identik dengan makanan seafoodnya utamanya ikan. Jenis seafood ini umumnya dibakar atau dijadikan olahan kuah. Nah Kali ini saya mau share resep sate dari ikan tuna yang disajikan dengan sambal pedas khas Gorontalo, sambal dabu-dabu yang ditambahkan arang. Sambalnya pun pakai minyak kelapa kampung. Rasanya tambah nikmat ada bau bakar gituu..

BAHAN DIPERLUKAN:

  1. 1. 1/4 kg ikan tuna fillet kemudian potong kotak
    2. secukupnya Cabe rawit
    3. 4 siung Bawang Merah
  2. 4. Minyak Kelapa Kampung
  3. 5. Jeruk nipis

  1. 6. Garam
  2. 7. Gula
  3. 8. Tempurung Kelapa untuk bakaran
  4. 9. Tusuk sate

CARA MEMBUATNYA:

  1. Sebelum ditusuk menjadi sate lumuri ikan tuna yang sudah dipotong kotak dengan garam dan minyak kelapa. Diamkan beberapa saat
  2. Siapkan tempurung kelapa untuk pembakaran. Sambil menunggu jadi bara/arang, siapkan sambalnya
  3. Haluskan cabe rawit dan bawang merah. Kalau sudah halus tambahkan garam dan gula serta minyak kelapa. Kalau tidak ad minyak kelapa kampung bisa pakai minyak goreng biasa. Tambahkan air sedikit dan perasan jeruk nipis.
  4. Jika bara sudah siap, kemudian ambil beberapa potongan arang dari hasil pembakaran tempurung kelapa kemudian celupkan ke dalam sambal tadi dan tutup wadah agar asapnya tidak keluar
  5. Kemudian panggang/bakar ikan tuna sampai matang.
  6. Sajikan dengan sambal dabu-dabu dan nasi hangat.

Apabila anda menyukai resep ini silahkan untuk mencobanya dan share ke teman atau kerabat kalian, semoga resep ini bermanfaat dan berguna bagi yang ingin menjadi koki yang handal.

Sumber:cookpad.com

Related posts

Sate Tuna Khas Gorontalo

Ahmad Fauzi

Nasi Balobinde Gorontalo

Ahmad Fauzi

Binde Biluhuta (Milu Siram) khas Gorontalo

Ahmad Fauzi