Kehidupan

Manfaat Wortel yang Belum Banyak Diketahui

ANGKAT.ID – Wortel termasuk dalam jenis sayuran yang berasal dari umbi. Memiliki tekstur yang renyah dengan rasa sedikit manis sehingga banyak orang suka mengonsumsinya. Tapi tidak hanya itu, nutrisi yang terkandung dalam juga wortel baik untuk tubuh. Terlebih lagi wortel sangat mudah didapat dan diolah untuk dikonsumsi.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa didapat dari wortel? Selain berguna untuk mata, ada banyak sekali manfaat wortel lainnya bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menyehatkan Jantung

Rutin mengonsumsi wortel ternyata dapat membantu kinerja jantung lebih bisa terkontrol. Sehingga jantung dapat berdetak dengan normal sesuai ritme. Ketika jantung dalam keadaan seperti ini, maka risiko Anda terkena penyakit jantung jadi menurun. Hal ini karena nutrisi pada wortel mampu menstabilkan tekanan darah dan mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Termasuk sumber serat yang baik, rutin mengonsumsi wortel dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Manfaat ini meliputi melancarkan saluran cerna, membantu mengatur gerakan usus, dan mengatasi refluk asam.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat wortel yang satu ini mungkin masih belum banyak orang yang tahu. Namun karatenoid dan beta karoten wortel ternyata dapat membantu mencegah adanya berbagai jenis kanker. Seperti kanker perut, kanker prostat, kanker usus, kanker lambung, dan kanker payudara.

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin A yang tinggi pada wortel tidak hanya membuatnya baik untuk mata. Kandungan vitamin A, antioksidan, karatenoid, dan polifenol di wortel dapat membantu menyehatkan kulit dan memperlambat penuaan. Tak heran, wortel mampu menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat dan kerutan, serta mengatasi warna kulit belang dan masalah kulit kering.

5. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Kesehatan gigi dan gusi bisa dijaga dengan rutin konsumsi wortel mentah. Hal ini karena dengan mengunyah wortel mentah, plak, karang gigi, dan bakteri dalam mulut bisa dibersihkan. Atau dengan kata lain, wortel ini berperan sebagai pasta gigi sekaligus sikat gigi. Jadi kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga.

6. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel yang lain adalah memperbaiki daya tahan tubuh setelah sakit. Dalam keadaan ini, tubuh perlu waktu untuk memperbaiki daya tahannya. Sehingga bakteri dan virus bisa kembali menyerang dengan mudah. Untuk itu, konsumsi wortel disarankan untuk mempercepat pemulihan.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Namun dengan mengonsumsi wortel terutama yang masih mentah, kadar kolestrol dapat lebih terjaga. Jadi bagi Anda yang ingin menjaga kadar kolesterol, konsumsilah wortel secara rutin.

8. Cara Mengonsumsi Wortel yang Benar

Untuk mengonsumsi wortel, mana yang lebih Anda sukai? Wortel mentah atau wortel matang? Mengolah wortel memang sangat mudah. Kebanyakan dari masyarakat kita mengonsumsinya dengan dijadikan bahan masakan atau dibuat jus. Namun tahukah Anda, cara mengolahnya ternyata berpengaruh pada nutrisi dan manfaat wortel. Jadi pastikan Anda mengolah dan mengonsumsinya dengan benar.

Demi menjaga nutrisinya tetap terjaga, penting Anda ketahui untuk tidak memotong wortel sebelum memasaknya. Sebab cara tersebut bisa mengurangi nutrisi pada wortel. Sebaiknya, rebus atau kukus wortel dalam keadaan utuh baru kemudian potong sesuai kebutuhan untuk mempertahankan nutrisi. Perlu diketahui juga bahwa wortel kukus atau rebus lebih baik dikonsumsi dibanding wortel mentah.

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Wortel

Manfaat dari wortel memang sangat banyak, tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsi wortel seenaknya. Sebab, konsumsi wortel yang tidak sesuai aturan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti berikut ini:

1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Salah satu manfaat wortel adalah menyehatkan kulit. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang hipersensitif terhadap wortel. Sebab jika penderita mengonsumsinya maka dapat menyebabkan reaksi alergi seperti muncul ruam pada kulit, gatal-gatal, pembengkakan, hingga diare.

2. Mengubah Rasa ASI

Sebuah penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa ibu menyusui yang banyak mengonsumsi wortel cenderung mengalami perubahan rasa ASI. Oleh karena itu, untuk ibu yang sedang menyusui sebaiknya batasi jumlah konsumsi makanan dan minuman dengan bahan wortel.

3. Menaikkan Kadar Gula Darah

Ketika mengunyah wortel, Anda pasti akan merasakan rasanya yang cenderung manis. Hal ini karena kandungan gula yang cukup tinggi pada wortel. Sehingga bagi Anda yang menderita diabetes, sebaiknya konsumsi wortel yang telah di masak dengan cara dikukus dalam jumlah yang kecil saja agar kadar gula tetap stabil dan manfaat wortel tetap bisa Anda dapatkan.

4. Perubahan Warna Kulit

Mengonsumsi wortel dalam jumlah besar dapat memberikan perubahan pada warna kulit. Hal ini diakibatkan oleh kandungan beta karoten dalam wortel yang terlalu banyak diterima oleh tubuh. Perubahan warna kulit ini dapat jelas terlihat di bagian telapak tangan, tangan, wajah, telapak kaki, dan bagian lainnya.

5. Gangguan Nutrisi

Meski wortel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat membuat nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan tubuh kekurangan beberapa nutrisi dan kesulitan untuk melakukan penyerapan.

Jadi agar Anda bisa mendapatkan manfaat wortel secara maksimal, ketahui juga aturan untuk mengonsumsinya. Sebab jika tidak, alih-alih manfaat tubuh sehat yang akan didapatkan. Anda justru mungkin akan mengalami masalah pada kesehatan.

Sumber:https: Futuready.com.

Related posts

Makan Durian: Ini Manfaat Bagi Tubuh!

Ahmad Fauzi

Ini Manfaat Buah Semangka sampai Alpukat

Ahmad Fauzi

Sebaiknya Hindari 4 Jenis Makanan Ini, Untuk Kesehatan

Ahmad Fauzi